Selasa, 03 Juli 2012

Apa Itu Batu Kapur?

Batu kapur atau batu gamping (bahasa Inggris: limestone) adalah batuan sedimen yang sebagian besar terdiri dari kalsit (calcite) dan aragonit (aragonite) mineral, yang merupakan bentuk kristal lain dari kalsium karbotan atau calcium carbonate (CaCO3). Batu gamping banyak yang terdiri dari fragmen kerangka organisme laut seperti karang atau foraminifera.



Batu kapur (gamping) dapat terjadi dengan beberapa cara, yaitu secara organik, secara mekanik, atau secara kimia. Sebagian besar batu kapur yang terdapat di alam terjadi secara organik, jenis ini berasal dari pengendapan cangkang/rumah kerang dan siput, foraminifera atau ganggang, atau berasal dari kerangka binatang koral/kerang. Batu kapur dapat berwarna putih susu, abu muda, abu tua, coklat bahkan hitam, tergantung keberadaan mineral pengotornya.


Batu kapur membentuk sekitar 10% dari volume total dari semua batuan sedimen. Kelarutan batu kapur dalam solusi air dan asam lemah menyebabkan lanskap karst, di mana air mengikis batu kapur lebih dari ribuan sampai jutaan tahun. Kebanyakan sistem gua melalui batuan dasar batu gamping.


Batu kapur memiliki banyak kegunaan: sebagai bahan bangunan, sebagai agregat untuk dasar jalan, sebagai pigmen putih atau pengisi dalam produk seperti pasta gigi atau cat, dan sebagai bahan baku kimia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar